BENARKAH ADA DANA STUDI DARI FAKULTAS EKONOMI UNSOED KEPADA MAHASISWA?

Senin 7 November 2016, seperti yang dapat anda lihat pada judul diatas, pembahasan kita kali ini adalah topik tentang dana untuk mahasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir oleh Fakultas Ekonomi, gosip yang beredar mengatakan bahwa dana tersebut sebesar Rp. 10.000.000 per kelas dan digunakan untuk jalan-jalan kelas, tapi apakah itu sebuah fakta?, untuk membuktikan hal tersebut wartawan LPM Memi melakukan telusur dan wawancara kepada Wakil Dekan III serta Bagian keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Menurut Bagian keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dana tersebut merupakan bantuan dari Fakultas untuk kunjungan ilmiah, yang dulunya setiap mahasiswa mendapatkan dana sebesar Rp 100.000/ mahasiswa untuk mahasiswa jurusan Reguler dan Rp. 200.000/ mahasiswa untuk mahasiswa jurusan Internasional.

Karena dirasa pemberian dana studi per-mahasiswa ini kurang efektif, akhirnya cara pemberian dana ini dirubah menjadi anggaran per-angkatan yang terbagi menjadi 6 kelas dan dijadikan sebagai dana untuk “sewa kendaraan” agar lebih accountable, lalu mengapa namanya menjadi dana untuk sewa kendaraan?, menurut Bpk. Didik bagian keuangan FEB, “jadi, parameter pemberian dana studi ini adalah seberapa jauh jarak tempuh lokasi kunjungan ilmiahnya, dan penentuan hal itu juga berdasarkan SK (surat keputusan) Menteri tentang sewa kendaraan,  misalnya mahasiswa semester akhir yang mendapat jatah ini ingin melakukan studi ilmiah ke Jogja, kami akan memberikan dananya berdasarkan proposal dan jarak tempuh lokasi kunjungan ilmiahnya.”

Sifat pendanaan tersebut juga terpisah antara kelas Internasional dan Reguler, setiap angkatan yang diberikan akan dibagi berdasarkan masing-masing kelas, kelas Internasional dan Reguler boleh mengajukan proposal secara bersama dan juga boleh mengajukan secara terpisah, dan untuk tahun ini yaitu tahun ajaran 2016, yang mendapat jatah dana studi kunjungan ilmiah adalah angkatan 2012, dengan total anggaran sebesar Rp. 49.500.000.

Dana tersebut harus diakses sebelum tutup buku akhir tahun, dan ketika tahun ajaran baru 2017 dibuka maka angkatan tahun 2013 sudah bisa membuat proposal untuk mengakses dana tersebut.

Campussia-LPM Memi
Reported by Edogawa gabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *