[PRESS RELEASE]

Bertempat di gedung A101 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, telah diadakan pendidikan dasar(diksar) jurnalistik oleh LPM Mëmi  pada Sabtu (23/03). Dengan diselenggarakan diksar ini bertujuan untuk membekali pengurus baru LPM Mëmi agar mengetahui lebih mendalam mengenai  pers. Kegiatan ini turut mengundang pembicara dari Ketua AJI ( Aliansi Jurnalis Independen) Purwokerto yang merupakan sebuah organisasi jurnalistik yang mewadahi para jurnalis. Kegiatan diksar ini berlangsung melalui proses diskusi antara pembicara dengan audience.

Kehadiran Ketua AJI Purwokerto, Afgan menyampaikan mengenai peran persma kepada para audience.  Persma sendiri tumbuh dari kebebasan mimbar di kampus . Sehingga disinilah fungsi persma harus dijalankan.  Menjadikan pers sebagai alternatif  dalam  menyajikan informasi yang telah diuji kebenarannya dengan data yang relevan dan taat terhadap kode etik. 

Disela-sela pembicarannya Ia berpendapat bahwa sekarang media cetak atau konvensional telah tergerus dengan pesatnya perkembangan zaman yang ada karena banyak orang atau milenial yang lebih tertarik dengan media online.  Hal tersebut pun menimbulkan suatu ancaman tersendiri bagi eksistensi media konvensional. 

Adanya media online ini dinilai banyak menuai pro dan kontra. Sekarang ini banyak bermunculan media online yang justru memberitakan hal-hal  yang tidak jelas kebenaran datanya sehingga menimbulkan banyak kesalahpahaman para pembaca. “Banyak media online yang mengambil tanpa izin dari medsos, itu salah namanya. Itu kekeliruan ” tutur Afgan. Oleh karena itu ia berpendapat bahwa harus diwajibkan adanya kebijakan sertifikasi dan harus diuji oleh dewan pers.  Meskipun oleh sebagian orang hal tersebut dianggap sebagai pembatasan berekspresi namun sebenarnya hal itu bertujuan untuk meminimalisir media abal-abal yang bisa memicu disinformasi. Karenanya ” pers harus dijaga, pers harus dihidupkan ” imbuh Afgan.

Tim Penulis : Bethari Sherawaly Melda; Shafira Dea Mentari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *